Saturday 11 October 2014

TYPHUS ABDOMINALIS



TYPHUS ABDOMINALIS
Oleh : Ita Fijanah Puspita
Typhus Abdominalis adalah penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhosa, bercirikan lesi definitif di plak Peyer, kelenjar mesenterika dan limpa, disertai oleh gejala demam yang berkepanjangan, sakit kepala dan nyeri abdomen. 
Infeksi berasal dari penderita atau seorang yang secara klinik tampak sehat tetapi yang mengandung kuman yang keluar bersama faccesnya atau bersama kemih (carrier). Kuman-kuman ini mengkontaminasi makanan, minuman dan tangan. Lalat merupakan penyebar kuman typhus terpenting, karena dari tempat kotor ia dapat mengotori makanan.  Masa inkubasi (masa sejak terpapar oleh virus sampai timbulnya gejala pertama) berkisar antara 1-3 minggu (rata-rata 10-14 hari) 
Etiologi : Salmonella typhi
a)       Batang gram negative
b)      Termasuk dalam famili Enterobacteriaceae
   Faktor Risiko
a)      Kebiasaan jajan di tempat-tempat yang tidak memenuhi syarat kesehatan
b)       Lingkungan yang kotor
c)      Daya tahan tubuh yang rendah
   Patofisiologi
Salmonella tyhpi masuk ke dalam saluran pencernaan melalui makanan dan atau minuman yang tercemar. Sebagian kuman akan mati akibat barier asam lambung, tapi sebagian lagi akan lolos ke dalam usus.  Sesampainya di usus, bakteri akan menembus masuk ke dinding usus halus melalui kelenjar yang disebut plak Peyer dan menimbulkan peradangan di sana. Bakteri ini kemudian berkembang biak dalam makrofag plak peyer tersebut. 
Lama-kelamaan plak Peyer yang membesar akan menekan dinding usus sehingga terjadi nekrosis dan akhirnya pecah. Akibatnya kuman akan tersebar melalui darah (septikemi) ke seluruh organ tubuh. Kuman-kuman usus, kelenjar getah bening, mesentarium [berproliferasi], ductus thoracicus ,peredaran darah kuman-kuman musnah endotoksinnya keluar menyebabkan gejala-gejala penyakit. 

No comments:

Post a Comment