Wednesday 8 October 2014

HIPERTENSI DALAM KEHAMILAN




oleh :Nurul Asrofah

1)    Hipertensi
     Penyakit Hipertensi dalam kehamilan merupakan kelainan vaskuler yang terjadi sebelum kehamilan atau timbul dalam kehamilan atau pada permulaan nifas. (Obsteri Patologi, Univ. Padjajaran Bandung, 1984)
      Hipertensi adalah kelainan yang tidak diketahui etiologinya yang terjadi dalam kehamilan, dimanifestasikan dengan hipertensi, (tekanan sistolik 30 mmHg dan atau tekanan diastolik 15 mmHg di atas nilai dasar)  keadaan tekanan darah ≥ 140 mmHg sistolik dan atau ≥ 90 mmHg diastolik pada seseorang yang tidak sedang makan obat antihipertensi. edema dan proteinura (preeklamasia) yang dapat berlanjut pada kejang/koma (eklamsia). (Rencana Perawatan Material Bayi, 2001)
Hipertensi karna kehamilan
·         Lebih sering pada primigravida, patologi talah terjadi akibat implantasi sehingga timbul iskemia placenta yang di ikuti sindrom inflamasi.
·         Resiko meningkat pada :
a.masa plasenta besar (pada gemeli,penyakit trofoblas);
b.diabetes melletus;
c.isoimunisasi rhesus;
d.faktor herediter;
e.masalah vaskuler.
·         Hipertensi karena kehamilan :
a.hepertensi tanpa proteinuria atau edema;
b.preeklamsi ringan;
c.preeklamsi berat;
d.eklamsi.              

Tekanan darah dikatakan normal jika berada diantara 100/60 dan 120/80. Tekanan darah antara 120/80 dan 140/90 disebut pra-hipertensi, dan tekanan darah diatas 140/90 dianggap hipertensi
.

2)   Hipertensi Esensial
                 Adalah kondisi permanen meningkatkan tekanan darah dimana biasanya tidak ada penyebab yang nyata. Kadang-kadang keadaan ini dihubungkan dengan penyakit ginjal, phaeochromocytoma atau penyempitan aorta, dan keadaan ini lebih sering muncul pada saat kehamilan. Wanita hamil dikatakan mempunyai atau menderita hipertensi esensial jika tekanan darah pada awal kehamilannya mencapai 140/90 mmHg yang membedakan dengan preeklamsi yaitu faktor-faktor hipertensi esensial muncul pada awal kehamilan, jauh sebelum terjadi preeklamsi, serta tidak terdapat edema atau proteinuria. Selama trimester II kehamilan tekanan darah turun di bawah batas normal, selanjutnya meningkatkan lagi sampai ke nilai awal atau kadang-kadang lebih tinggi. Setelah UK 18 Minggu lebih sulit hipertensi esensial dari pre eklamsi. Hipertensi esensial penyakit hipertensi yang disebabkan oleh faktor herediter, faktor emosi (Stress) dan lingkungan (pola hidup).

GEJALA HIPERTENSI IBU HAMIL
·      Sakit kepala
·      Mudah lelah
·      Mual, Muntah
·      Sesak napas
·      Gelisah
·      Perdarahan dari hidung
·      Wajah kemerahan
·      Pandangan menjadi kabur sebab adanya kerusakan pada otak, mata, jantung dan ginjal.


      Komplikasi Hipertensi:
  • Stroke
  • Kerusakan berbagai organ
  • Gagal jantung
  • Gagal ginjal
  • Kematian

No comments:

Post a Comment