Monday 10 November 2014



MENCERDASKAN ANAK SEJAK DALAM
KANDUNGAN
 oleh: ita fijanah puspita

Mencerdasakan anak bukan hanya dimulai tatkala anak telah lahir. Namun mencerdaskan anak bisa dilakukan sejak anak masih dalam kandungan. Hal ini karena proses tumbuh kembang manusia itu dimulai sejak terjadinya proses pembuahan yang menyebabkan kehamilan. Ada banyak cara yang bisa ditempuh orang tua untuk mencerdaskan anaknya sejak dalam kandungan. Berikut ini saya jelaskan satu per satu.
1.    Merencanakan Kehamilan Anda
Perencanaan kehamilan memiliki peraran sangat penting dalam mencerdaskan anak Anda. Beberapa manfaat jika Anda merencanakan kehamilan Anda dengan baik Antara lain :
a.       Anda akan lebih siap secara mental
           Untuk kehamilan dan kehadiran bayi Anda, Kesiapan mental ini sangat penting artinya bagi Anda dan calon bayi Anda. Anda akan merasa bahagia dengan kondisi kehamilan Anda. Jika Anda bahagia, segala sesuatunya akan bisa berjalan dengan lancar. Sebaliknya jika Anda tidak sipa secara mental, akan mempengaruhi baynyak hal lain, termasuk pada calon bayi Anda.
b.      Anda akan lebih siap secara materi
Tidak dapat dipungkiri, persiapan materi sangat dibutuhkan selama kehamilan dan setelah bayi Anda lahir. Selama kehamilan, Anda membutuhkan biaya untuk perbaikan gizi, pemeriksaan kesehatan, penambahan wawasan keilmuan dengan membeli berbagai literatur,dan sebaginya. Dengan perencaan yang baik, persiapan materi ini mudah Anda wujudkan Apa saja yang harus dipersiapkan dalam kehamilan Ada beberapa hal penting yang harus Anda persiapkan agar kehamilan Anda berjalan sempurna, antara lain :
- Biaya
- Pengetahuan tentang cara merawat kehamilan
- Menentukan tempat persalinan.
- Memilih tenaga penolong
Siapa yang akan menolong saat Anda melahirkan. Anda butuh tenaga yang ahli dibidangnya untuk hal ini. Pilihlah dokter/bidan yang mudah bagi Anda untuk menghubunginya atau mudah bagi Anda mengunjunginya. Hindari memilih tenaga yang tidak profesional.
- Mengetahui cara merawat bayi
Jadi, dengan perencanaan kehamilan, Anda bisa lebih siap secara mental maupun  materi dalam menjalani kehamilan dan pasca melahirkan.

2.    Memenuhi Kebutuhan Gizi Selama Hamil
    Makanan yang dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil, merupakan nutrisi penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin yang dikandungnya. Semakin baik kualitas makanan sibu, maka semakin baik pula nutrisi yang diiterima si janin. Dan tentu sajasemakin baik bagi peningkatan kecerdasan janin.
a.    Protein
b.    Kalsium
c.    Zat Besi
d.   Asam Folat
Kebutuahan akan asam folat akan meningkat selama masa kehamilan. Menurur RDA (Recommended Daily Allowance/Kecukupan Gizi Yang Dianjurkan), kebutuhan asam folat pada wanita hamil adalah 400 mikrogram.Vitamin ini dibutuhkan untuk sintesis DNA. Jika selama hamil Anda kurang mengkonsumsi asam folat maka akan mengakibatkan terjadinya kelainan saraf pada bayi..
e.    Vitamin D
Kebutuhan metabolisme kalsium akan meningkat selama kehamilan sehingga ibu hamil perlu mendapat asupan vitamin D yang cukup. Vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium untuk pembentukan tulang bayi.
3.    Berolah Raga Teratur Saat Hamil
Manfaat yang akan Anda dapatkan jika Anda berolah raga secara teratur selama hamil antara lain :
-  suasana hati akan menjadi lebih baik sehingga Anda dapat tidur nyeyak pada malam hari. Selain itu Anda dapat mengendalikan perasaan tidak nyaman yang diakibatkan oleh perubahan tubuh selama kehamilan
- Anda menjadi lebih siap dalam menghadapi proses persalinan. Seperti diketahui,    persalinan adal;ah suatu proses yang secara fisik sangat meletihkan, karena membutuhkan stamina tinggi dan kekuatan prima
-  Kedua manfaat di atas akan memberikan dampak yang positif bagi janin. Termasuk dampak kecerdasannya.
4. Memperdengarkan Suara-Suara Pada Janin
Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa janin dalam fase pertumbuhan ternyata  bukanlah sekedar makhluk hidup yang tidak memiliki perasaan. Ia ternyata adalah pelajar yang aktif. Sebuah percobaan yang menggunakan serat optik, menunjukkan bahwa janin akan menoleh ke arah sebaliknya bila cahaya dihadapkan kepadanya. Dalam penelitian yang lain menunjukkan adanya peningkatan denyut jantung dan perubahan gerak janin bila suara keras diperdengarkan atau bila ibu sedang dalam keadaan tertekan. Penelitian ini menunjukkan bahwa sekalipun belum dilahirkan, ternyata pengalaman yang didapat janin akan berpengaruh terhadap pembentukan dan perubahan perilaku spesifiknya. Ini berarti bahwa janin sedang dalam proses belajar. Ada beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan untuk janin Anda :
-  Berbicaralah atau bernyanyilah untuk janin (bayi) Anda. Suara lembut Anda akan memberi pengenalan terhadap irama dan nada yang akan berperan penting dalam perkembangan bahasa dan kecerdasannya kelak
- Anda harus menghindari kondisi stress berat . Karena peningkatan hormon yang diakibatkannya dapat mempengatuhi bayi Anda sehingga menghambat proses belajarnya selama di kandungan.
-  Carilah aktivitas belajar untuk Anda sendiri, apapun bentuknya. Meskipun janin tidak belajar secara langsung, perilaku mental Anda merupakan sesuatu yang menyenangkan dan memberi rasa aman kepadanya. Hal ini kelak akan menjadi dasar perilaku positif dalam proses belajarnya setelah ia lahir.
5. Doa Orang Tua
Doa merupakan salah satu cara untuk mengatasi berbagai problema kehidupan. Jika Anda menginginkan anak cerdas, doa merupakan salah satu cara untuk mewujudkannya. Doa orang tua untuk anaknya sangatlah ampuh dan mudah dikabulkan oleh Tuhan. Lakukan doa untuk kecerdasan anak Anda.

No comments:

Post a Comment