Monday 10 November 2014

Lotus birth



Lotus birth
by : jazilah

Lotus birth adalah proses melahirkan bayi dengan tetap membiarkan tali pusat terhubung dengan plasenta selama beberapa hari. Jadi tali pusat dan plasenta yang menempel di pusar bayi tidak langsung dipotong usai ibu bersalin namun dibiarkan mengering sendiri dan lalu terputus sendiri biasanya sampai 3 hari.
Lutos birth adalah praktek meninggalkan tali pusat yang tidak diklem dan lahir secara utuh, yang menghasilkan pengkleman interna alami dalam 10-20 menit pasca persalinan. Tali pusat akan mengering dengan sendirinya dan akhirnya terlepas dari umbilikus yang umumnya terjadi 3-10 hari setelah lahir.
Manfaat Lotus Birth
1.      Tali pusat dibiarkan terus berdenyut sehingga memungkinkan terjadinya perpanjangan aliran darah ibu ke janin.
2.      Oksigen vital yang melalui tali pusat dapat sampai ke bayi sebelum bayi benar-benar dapat mulai bernafas sendiri.
3.       Lotus Birth juga memungkinkan bayi cepat untuk menangis segera setelah lahir.

Langkah-langkah dilakukannya lotus birth
Beberapa hal yang dilakukan dalam Lotus Birth diantaranya :
·         Bila bayi lahir, biarkan tali pusat utuh. Jika tali pusat berada sekitar leher bayi, cukup angkat tali tersebut
·         Tunggu lahirnya plasenta secara alami.
·         Ketika plasenta lahir, tempatkan pada mangkuk di dekat ibu.
·         Tunggu transfusi penuh darah dari pusat ke bayi sebelum menangani plasenta
·         Hati-hati dalam mencuci plasenta yaitu dengan menggunakan air hangat dan tepuk-tepuk sampai kering.
·         Tempatkan plasenta di tempat yang kering dan agak menyerap (bisa Underpad)
·         Letakkan plasenta pada  bahan yang menyerap seperti sebuah popok atau kain kemudian letakkan dalam tas plasenta. Permukaan plasenta akan berubah setiap hari bahkan lebih cepat  jika sering terjadi rembesan. Alternatif lain untuk mempercepat pengeringan plasenta yaitu dengan menaburkan garam pada bagian plasenta.
·         Gendong bayi dan beri makan sesuai kebutuhannya.
·         Pakaikan bayi menggunakan pakaian yang longgar.
·         Bayi dapat dimandikan seperti biasa, biarkan plasenta bersamanya.
·         Meminimalisir pergerakan bayi.
 Kerugian Dilakukan Lotus Birth
Metode ini rentan terjadi infeksi karena port de entry antara tali placenta, tali pusat dan bayi masih ada. Akibatnya metode ini belum dapat sepenuhnya diadopsi dalam praktis medis. Kontroversi ini terjadi di berbagai belahan dunia, namun pilihan untuk menggunakan metode ini adalah hak ibu dan keluarga sehingga efek samping jika terjadi komplikasi seperti infeksi merupakan tanggung jawab ibu dan keluarga
Selain dapat terjadi infeksi, kekurangan lain dari metode Lotus birth adalah :
  1. Tidak bisa diterapkan pada semua seting pelayanan karena terbatas oleh keyakinan, budaya dan kebijakan serta bukti ilmiah.
  2. Membutuhkan fasilitas kesehatan yang memadai dan SDM yang kompeten.
  3. Perlu hati-hati dalam merawat bayi, tali pusat dan plasenta sebelum puput agar tidak infeksi, tidak berbau dan tidak putus karena tindakan yang tidak disengaja karena terburu-buru atau tidak hati-hati

No comments:

Post a Comment