Monday 10 November 2014

DEWI MAYA SARI



 METODE DEEP BACK MASSAGE TERHADAP PENURUNAN NYERI
PADA IBU INPARTU


Nyeri persalinan ialah masalah yang sangat mencemaskan ibu yang inpartu, khususnya ibu yang primigravida. Dan biasanya yang paling sering dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri adalah dengan melakukan metode massage, baik oleh petugas kesehatan, keluarga pasien maupun pasien itu sendiri. Tetapi kadang kala metode massage yang dilakukan tidak pada tempatnya sehingga hasilnya tidak efisien. Massage merupakan salah satu metode non farmakologi yang dilakukan untuk mengurangi nyeri persalinan.
Impuls rasa sakit yang dibawa oleh saraf berdiameter kecil menyebabkan gate control di spinal cord membuka dan impuls diteruskan ke korteks serebral sehingga akan menimbulkan rasa sakit. Tetapi impuls rasa sakit ini dapat diblok yaitu dengan memberikan rangsangan pada saraf berdiameter besar yang menyebabkan gate control akan tertutup dan rangsangan sakit tidak dapat diteruskan ke korteks serebral. Pada prinsipnya rangsangan yang berupa usapan pada saraf berdiameter besar yang banyak pada kulit harus dilakukan awal rasa sakit atau sebelum impuls rasa sakit yang dibawa oleh saraf berdiameter kecil mencapai korteks serebral.
Beberapa macam massage yang dapat dilakukan untuk merangsang saraf berdiameter besar yaitu:
Ø  Effluerage, yaitu ibu/ pasien dalam posisi atau setengah duduk, lalu letakkan kedua telapak tangan pada perut dan secara bersamaan digerakkan melingkar dari arah pusat ke simpisis atau dapat juga menggunakan satu telapak tangan dengan gerakkan melingkar atau satu arah. Cara ini dapat dilakukan sendiri oleh pasien.
Ø  Deep Back Massage, yaitu ibu/ pasien berbaring miring, kemudian bidan atau keluarga pasien menekan daerah secrum secara mantap dengan telapak tangan, lepaskan dan tekan lagi, begitu seterusnya.
Ø  Firm Counter Pressure, yaitu ibu/ pasien dalam posisi duduk kemudian bidan atau keluarga pasien menekan secrum secara bergantian dengan tangan yang dikepalkan secara mantap dan beraturan.
Ø  Abdominal Lifting, yaitu dengan cara membaringkan ibu/ pasien pada posisi terlentang dengan posisi kepala agak tinggi. Letakkan kedua telapak tangan pada pinggang belakang pasien, kemudian secara bersamaan lakukan usapan yang berlawanan ke arah puncak perut tanpa menekan ke arah dalam, kemudian ulangi lagi. Begitu seterusnya.

No comments:

Post a Comment