Monday 10 November 2014

BAYI TABUNG BAGIAN 1


BAYI TABUNG
BAGIAN 1
PengertianBayiTabung
In vitro vertilization (IVF) atau yang lebih dikenal dengan sebutan bayi tabung adalah proses pembuahan sel telur dan sperma di luar tubuh wanita. In vitro adalah bahasa latin yang berarti dalam gelas atau tabung gelas, dan vertilization berasal dari bahasa Inggris yang artinya pembuahan..
Dan pengertian bayi tabung menurut M.Ali Hasan dalam bukunya yang berjudul Masail Fiqhiyah Al-Haditsah adalah bayi yang didapatkan melalui proses pembuahan yang dilakukan di luar rahim sehingga terjadi embrio tidak secara alamiah, melainkan dengan bantuan ilmu kedokteran.Sekitar 10% pasangan di dunia mengalami ketidak suburan (infertilitas). Penyebab infertilitas, antara lain, gangguan pada sperma, sumbatan saluran telur, endometriosis, gangguan perkembangan sel telur, dan sebab yang tak dapat dijelaskan. Jika penanganan gangguan reproduksi tak berhasil, program bayi tabung menjadi harapan.
Banyak orang sebenarnya memiliki sperma atau ovum yang cukup subur, tetapi justru tidak dapat membuahi atau di buahi, karena ada kelainan pada alat kelaminnya (alat reproduksinya). Misalnya seorang wanita yang tersumbat saluran sel-sel telurnya, dan proses evolusinya tidak normal atau gerakan sperma laki-laki tidak dapat menjangakau (mati sebelum bertemu dengan ovum wanita), maka tidak akan terjadi pertemuan (percampuran) antara dua sel ketika melakukan coitus (senggama). Dan jika kasus ini terjadi maka dokter ahli dapat mengupayakan dengan mengambil sel telur wanita dan dipadukan dengan sel sperma laki-laki. Perpaduan kedua sel tersebut lalu disimpan dalam cawan pembiakan selama beberapa hari, dan inilah yang disebut dengan bayi tabung, yaitu jabang bayi yang akan diletakkan ke dalam rahim seorang ibu dengan cara menggunakan alat seperti suntikan.









No comments:

Post a Comment