Monday 10 November 2014


PEDOMAN PERENCANAAN PERSALINAN dan PENCEGAHAN KOMPLIKASI (P4K)
Lanjutan Bagian II

1.      Tabulin (Tabungan Ibu Bersalin)
Adalah dana / barang yang disimpan oleh keluarga atau pengelola tabulin secara bertahan sesuai dengan kemampuannya, yang pengelolaanya sesuai dengan kesepakatan serta  penggunaannya untuk segala bentuk pembiayaan saat antenatal, persalinan dan kegawatdaruratan (Sriati, 2009)
2.      Dasolin (Dana Sosial IBu Bersalin)
Adalah dana yang dihimpunoleh masyarakat secara suka rela dengan prinsip gotong royong sesuai dengan kesepakatan  bersama dengan tujuan membantu pembiayaan mulai antenatal, persalinan dan kegawat daruratan.
3.      Ambulan Desa
Adalah alat transportasi oleh masyarakat sesuai kesepakatan bersama yang dapat dipergunakan untuk mengantar calon ibu bersalin ketempat persalinan termasuk tempat rujukan, bias berupa mobil, ojek, becak, sepeda, tandu, perahu, dll.
4.      Calon Donor darah
Adalah orang-orang yang dipersiapkan oleh ibu, suami, keluarga dan masyarakat yang sewaktu- waktu bersedia menyumbangkan darahnya untuk keselamatan ibu melahirkan.
5.      Inisiasi Menyusui Dini
Adalah bayi yang diberi kesempatan mulai menyusu sendiri segera setelah lahir (inisiasi menyusui dini) dengan membiarkan kontak kulit bayi dengan kulit ibu setidaknya satu atau dua jam atau lebih, sampai menyusu pertama selesai.
6.      Kunjungan Nifas
Kontak ibu dengan nakes minimal 3 kali untuk mendapatkan pelayanan dan pemeriksaan kesehatan ibu nifas, baik di dalam maupun diluar gedung puskesmas (termasuk bidan di desa /polindes dan kunjungan rumah).

7.      Pemberdayaan Masyarakat
Adalah upaya aktif bidan untuk melibatkan unsur-unsur masyarakat secara partisipatif dalam Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Kegiatan kesehatan Ibu dan Anak termasuk kegiatan perencanaan persalinan dan pascapersalinan.
8.      Buku KIA
Adalah buku pedoman yang dimiliki oleh ibu dan anak yang berisi informasi  dan catatan kesehatan ibu dan anak. Merupakan alat pencatat kesehatan ibu dan anak sejak ibu hamil, melahirkan dan selama masa nifas hingga bayi yang dilahirkan berusia 5 tahun, termasuk pelayanan KB, imunisasi, gizi dan tumbuh kembang anak.
9.      PPGDON
Adalah kepanjangan dari Pertolongan Pertama Gawat Darurat Obstetri Neonatal, suatu paket pelayanan yang diberikan oleh tenagamedis untuk menangani kasus komplikasi yang terjadi seputar kehamilan, persalinan dan nifas pada ibu maupun neonatal.




No comments:

Post a Comment