Sunday 9 November 2014

PUJI WINARNI - HIRSCHSPRUNG


Nama : Puji Winarni 

HIRSCHSPRUNG
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhWdgtVVlYR6Lh4qTAi-GclLuCGX47ApVkPj5BB8fy9sflCUUMMtrShh4ZU8jRJBMTGs6D8cxLXauIuOJMaMBh3FzaDNsmyzZ2yYdcE1i3vHHgbf_x0TXl4UjaI-ifVbo-yVj08Bnh7qV8/s320/hirschsprung.jpg

Penyakit Hirschsprung merupakan gangguan perkembangan sistem saraf enterik dan ditandai dengan tidak ditemukannya sel ganglion pada colon bagian distal sehingga terjadi obstruksi fungsional.Penyakit Hirschsprung merupakan kelainan bawaan sejak lahir, jadi tak bisa dicegah.Umumnya, kelainan ini biasanya terjadi pada anak lahir normal atau cukup bulan dan diketahui di bawah usia setahun. Menurut data di Amerika, kelainan hirschsprung banyak dialami anak laki-laki dibanding anak perempuan, dengan perbandingan 3,8 : 1.
Kebanyakan kasus penyakit Hirschsprung sekarang didiagnosis pada masa neonatus. Penyakit Hirschsprung sebaiknya dicurigai jika seorang neonatus tidak mengeluarkan mekonium dalam 24-48 jam pertama setelah kelahiran.
Walaupun barium enema berguna untuk menegakkan diagnosis, biopsi rektum tetap menjadi gold standard penegakkan diagnosis. Setelah diagnosis dikonfirmasi, penatalaksanaan mendasar adalah untuk membuang jaringan usus yang aganglionik dan untuk membuat anastomosis dengan menyambung rektum bagian distal dengan bagian proksimal usus yang memiliki innervasi yang sehat.

No comments:

Post a Comment