Friday 17 October 2014

kehamilan ganda



KEHAMILAN KEMBAR (GEMELI)
oleh : Anita Bastari


Kehamilan kembar adalah satu keahamilan dengan dua janin atau lebih. Bila proses fertilisasi menghasilkan janin lebih dari satu maka kehamilan tersebut disebut juga dengan kehamilan ganda. Sejak ditemukannya obat-obat dan cara induksi ovulasi maka dari laporan-laporan dari seluruh pelosok dunia, frekuensi kehamilan kembar condong meningkat. Bahkan sekarang telah ada hamil kembar lebih 6 janin.
Frekuensi
Menurut hokum Hellin, frekuensi antara kehamilan ganda dan tunggal adalah :
·         Gemelli (2) 1:89
·         Triplet (3) 1:892
·         Kuaduplet (4) 1:893
·         Quantiplet (5) 1:894
·         Sextuplet (6) 1:895
Menurut penelitian Greulich (1930) pada 121 juta persalinan di dapat angka kejadian kehamilan ganda, yaitu gemelli 1:85; triplet 1:7.629; kuaduplet 1:670.743; dan quintuplet 1:41.600.000. kejadian kehamilan kembar dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya adalah factor genetic atau keturunan umur dan paritas ras/suku bangsa dan obat pemicu ovulasi.
Frekuensi kehamilan kembar juga meningkat dengan paritas ibu. Dari angka 9.8 per 1000 persalinan untuk primipara frekuensi kehamilan kembar naik sampau 8.9 per 1000 untuk oktapira. Keluarga tertentu mempunyai kecenderungan untuk melahirkan bayi kembar (keturunan). Walaupun pemindahan sifat herediter kadang-kadang berlangsung secara paternal, tetapi bisanya hal ini terjadi secara maternal.

Jenis kehamilan kembar/Ganda
Kehamilan kembar monorigotik
Merupakan kehamilan kembar yang berasal dari satu ovum sehingga disebut juga hamil kembar, identic atau hamil kembar homolog atau hamil kembar uniovuler. Kembar monozigotik atau identic muncul dari satu ovum tunggal yang dibuahi yang kemudian membagi dua struktur yang sama, masing-masing dengan potensi untuk berkembang menjadi suatu individu yang terpisah. Kehamilan kembar monozigotik dapat terjadi karena :
·         Satu telur dengan 2 inti, hambatan pada tingkat blastula.
·         Hambatan pada tingkat segmentasi
·         Hambatan setelah amnion dibentuk, tetapi sebelum primitive streak.

No comments:

Post a Comment