Wednesday 1 October 2014

BERAT BADAN BAYI BARU LAHIR (BBL)



Oleh : Siti Magfirah



Bayi baru lahir juga dinamakan dengan neonatus merupakan individu yang sedang berkembang dan baru saja mengalami trauma kelahiran serta harus dapat melakukan penyesuainya diri dari kehidupan intra uterime kekehidupan ekstra uterime. BBL normal adalah bayi yang lahir dalam presentasi belakang kepala melalui vagina tanpa memakai alat dengan pada usia kehamilan 37-42 minggu dengan berat badan 2500-4000gr, nilai afgar >7 dan tanpa cacat bawaan. BBL juga membutuk anasuhan yang dapat meningkatkan kesempatan untuknya menjalani masa transisi dengan baik.
Pemeriksaan BBL meliputi pemeriksaan seksama BBL dan biasanya dilakukan dalam beberapa jam setelah kelahiran. Disni orang tua sangat berperan penting dalam pemeriksaan bayi kita juga bisa menjelaskan semua tindakan dan menenangkan mereka.Kita sebagai bidan memberikan asuhan kebidanan pada bayi baru lahir normal yaitu:
1.    memotong tali pusat,
2.    menyesuai dini
3.    mempertahankan suhu tubuh BBL mencegah hipotermi
4.    menghindari kehilangan panas pada BBL ada 4 cara yang membuat bayi kehilangan panas, yaitu melalui radiasi, efafforasi, konduksi, dan komfeksi.

Kebanyakan bayi yang baru dilahirkan menunjukan respon yang baik dapat langsung diberikan pada ibu untuk saling berkenalan serta untuk kontak kulit kekulit yang dibutuhkan dalam dan tanpa diganggu. Kadang, seorang bayi dilahirkan masalah yang dasar atau hipopsit saat lahir. Ini memerlukan respon segera dari bidan.  Selain itu. Apgar bisa digunakan sebagai pengkajian rektrospktif mengenai kondisni bayi setelah kelahiran.

No comments:

Post a Comment