Thursday 9 October 2014

ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut)

Oleh : Siska Septyarina


ISPA singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut (URI), agar dapat lebih mengerti tentsng pengertian ISPA dapat kita uraikan menjadi 3 bagian yang pertama pengertian infeksi,infeksi adalah invasi tubuh oleh pathogen atau microorganisme yang mampu menyebabkan sakit. Yang kedua pengertian saluran pernafasan, saluran pernapasan adalah organ tubuh yang memiliki fungsi menyalurkan udara admosfer ke paru – paru begitu pula sebaliknya. Saluran pernapasan dimulai dari hidung, rongga telinga tangah, laring, trakea, bronkus, alveoli, termasuk pleura. Yang ketiga pengertian infeksi akut, infeksi akut adalah mengacu kepada waktu yaitu infeksi yang berlangsung hingga 14 hari. Batas 14 hari diambil untuk menunjukkan proses akut meskipun untuk beberapa kasus ISPA dapat berlangsung lebih dari 14 hari.
Jadi ISPA dapat disimpulkan beberapa pengertian antara lain : ISPA adalah suatu kelompok penyakit yang menyerang saluran pernapasan. ISPA atau Infeksi Saluran Pernafasan Akut adalah penyakit infeksi akut yang menyerang salah satu bagian  atau  lebih  dari  saluran  nafas  mulai  dari  saluran  nafas  mulai  dari  hidung  hingga alveoli, termasuk  jaringan  adneksanya  seperti  sinus, rongga  telinga  tengah  dan pleura. Penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) yang paling sering menyebabkan kematian pada bayi dan balita.
ISPA ini merupakan penyakit pernapasan terberat dan terbanyak menimbulkan akibat dan kematian dimana penderita yang terkena serangan infeksi ini sangt menderita, apa lagi bila udara lemba, dingin atau cuaca terlalu panas. Penyakit ISPA merupakan penyakit yang sering terjadi pada anak, karena sistem pertahanan tubuh anak masih rendah. Kejadian penyakit batuk pilek di Indonesia di perkirakan 3 sampai 6 kali per tahun, yang berarti seorang balita rata-rata  mendapat serangan batuk-pilek sebanyak 3 sampai 6 kali setahun. ISPA dilihat dari dalam bahasa inggris Under Respiratory Infection ( URI ) sering disalah artikan sebagai infeksi saluran pernapasan atas. ISPA sendiri sebenarnya mencakup infeksi saluran pernapasan bagian atas dan salurang pernapasan bagian bawah.

           


No comments:

Post a Comment